Pengantar Ekologi


Pengantar Ekologi
Definisi

Ernest Haeckel (1869) mendefinisikan Ekologi. Ekologi berasal dari kata oikos yang berarti rumah atau tempat tinggal dan logos berarti ilmu. Ekologi berarti ilmu mengenai tempat tinggal. Ekologi adalah ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan biotik dan abitoknya. Krebs (2001) mendefinisikan ekologi adalah kajian ilmiah mengenai hubungan timbal balik yang menentukan distribusi (penyebaran) dan kelimpahan mahluk hidup. Begon et.al (2006) mendefinisikan ekologi adalah kajian ilmiah tentang distribusi dan kelimpahan organisme dan interaksi yang menentukan distribusi dan kelimpahan.  Interaksi yang terjadi dalam ekosistem bisa terjadi antar organisme sejenis, antar organisme berbeda jenis, antar organisme dengan faktor lingkungan serta interaksi antar faktor lingkungan yang berbeda.

Wilayah kajian/peneliti ekologi

o   (Individu/organisme), Populasi, Komunitas, Ekosistem (dan biosfer)
o   Level individu; cara-cara berperilaku, fisiologis dan morfologis yang digunakan suatu organisme secara individual dalam menghadapi lingkungannya.
o   Level populasi; mempelajari tingkat kelimpahan suatu spesies, ada tidaknya suatu spesies, fluktuasi dan tren jumlahnya, pertumbuhan dan regulasi, distribusi dan penyebaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
o   Level komunitas; komposisi dan organisasi /struktur suatu kumpulan spesies, keanekaragaman, interaksi antar spesies: predasi, kompetisi, dan penyakit yang mempengaruhi struktur komunitas.
o   Level ekosistem; perpindahan materi dan energi baik materi hidup maupun tidak hidup
o   Level biosfer; ekosistem global (jumlah seluruh ekosistem planet, atau seluruh makhluk hidup dan tempat hidupnya dengan lingkungan meliputi seluruh daratan, perairan dan atmosfer.

Bidang ilmu yang terkait erat dengan ekologi

o   Ilmu lingkungan : adalah kajian mengenai pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan. Aspek kajian berbeda dengan ekologi, ilmu ini terkait dengan sosiologi, antropologi, ekonomi, dan sebagainya
o   Biologi konservasi : kajian mengenai pelestarian keanekaragaman hayati
o   Manajemen sumber daya hayati : pengelolaan keanekaragaman hayati berdasarkan orinsip ekologi : pertanian, perikanan, perkebunan

Penelitian ekologi

Metode ilmiah dalam mempelajari ekologi sama dengan metode ilmu lainnya ;
-          Masalah ; adanya penurunan ukuran populasi rusa di taman nasional
-          Hipotesis ; penurunan populasi rusa disebabkan oleh meningkatkan jumlah populasi predator, berkurangnya jumlah rumput sebagai sumber makanannya
-          Eksperimen
-          Pengambilan data
-          Kesimpulan
Pendekatan metodologis dalam mempelajari ekologi; teoritis, laboratorium, dan lapangan.
Pengambilan data dapat dilakukan secara eksperimental dan observational.
Penjelasan fenomena yang termati dalam penelitian ekologi : deskriptif, fungsional, dan evolusi.
Ø  Pendekatan deskriptif merupakan pendekatan yang paling dasar dalam menjelaskan fenomena ekologi. Menekankan pada faktor alamian (kebiasaan, perilaku dan interksi antar organisme) dan dikaitkan dengan kumpulan vegetasi yang ada di bumi.
Ø  Pendekatan fungsional (proximate) berusaha menjelaskan ekologi dengan titik tekan pada dinamika hubungan sebab akibat untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan umum yang terdapat pada ekosistem yang berbeda.
Ø  Pendekatan evolusi menjelaskan organisme dan hubungan timbal balik sebagai produk sejarah evolusi

Pendekatan lain yang dapat dilakukan ketika memperlajari aspek ekologi adalah :
o   Penjelasan berdasarkan level di bawah level bahan kajian. Contoh :
-       Jika pengamatan dilakukan pada level organisme: penjelasan dapat diungkapkan dari aspek fisiologinya
-       Jika pengamatan dilakukan pada level populasi: penjelasan dapat diungkapkan berdasarkan probabilitas kelulushidupan dan ukuran sebaran individu.
-       Jika pengamatan dilakukan pada level komunitas penjelasan dapat diungkapkan berdasarkan eksistensi kesamaan kumpulan suatu spesies (populasi)
o   Penjelasan pada level yang dikaji

0 Response to "Pengantar Ekologi"

Posting Komentar