Belajar Wirausaha Pisang Goreng

Loading...

Belajar Wirausaha Pisang Goreng

BAB I
Pendahuluan

A. Latar Belakang

Biologomi. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil pisang terbesar di dunia. Pisang yang dihasilkan di Indonesia juga mempunyai rasa yang berkualitas dan beragam jenisnya. Kelimpahan buah pisang di Indonesia menyebabkan harga pisang di Indonesia yang murah. Pisang (Musa paradisiaca) adalah buah yang sering kita temui pada kehidupan sehari-hari. Buah pisang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat tubuh manusia. Kandungan energi pisang merupakan energi instan yang mudah tersedia yang menyediakan kebutuhan kalori.

Pengelolaan buah pisang yang biasa dibuat menoton, sehingga membuat masyarakat bosan mengkonsumsi pisang, sehingga olahan pisang yang inovatif dapat meningkatkan daya daya konsumsi masyarakat yang disesuaikan dengan nilai nutrisi buah pisang yang tinggi. Melihat kondisi potensial ini, pisang dapat digunakan sebagai landasan bisnis yang potensial untuk dikembangkan. Latar belakang didirikaanya usaha ini memiliki keterkaitan erat dengan kesamaan minat atau kesenangan pada masyarakat akan buah pisang. Sehingga membuat kami mencoba memanfaatkan usaha mandiri yang akan dijalankan secara profesional. Usaha yang kami akan rintis akan menginovasi olahan pisang yang biasanya di goreng biasa akan diberi rasa yang berbeda beda sesuai dengan selera konsumen. 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas maka rumusan masalah yang dikaji adalah sejauh mana usaha produksi “Pisang Goreng Abuya” apakah layak untuk dijadikan suatu usaha yang berkelanjutan.

C. Tujuan

Untuk mengetahui usaha produksi “Pisang Goreng Abuya” apakah layak untuk dijadikan usaha yang berkelanjutan.

Bab II
Tinjauan Pustaka

A. Buah Pisang

Buah pisang (Musa sp) buah yang memiliki bentuk yang menarik dan banyak orang yang mengetahu karena banyak sekali di temui dipedesaan maupun di perkotaan. karena buah ini sangat populer, murah dan banyak kandungan vitaminnya. pisang atau banana adalah pohon jenis Terna (pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu) dari suku Musaceae dengan batang yang kuat, dan daun-daun yang besar memanjang dan berwarna hijau tua. Buah pohon ini nampak dalam bentuk sisir-sisir, yang tiap sisirnya berisi (10 20) pisang, dan dalam buahnya tidak terdapat biji. pisang mengandung sumber gizi hampir sangat sempurna karena memakan satu pisang bisa menggantikan makan selama dua jam.

Pisang sangat direkomendasikan oleh para dokter untuk pasien yang kadar potasiumnya rendah. Sebuah pisang besar kira-kira seukuran 22 sentimeter, mengandung 602 mg potassium dan hanya mengandung 140 kalori. Pisang dengan ukuran yang sama bahkan mempunyai 2 gram protein dan 4 gram serat. Tidak mengherankan kalau pisang dianggap sebagai makanan yang penting untuk meningkatkan kesehatan anak-anak yang kurang gizi.

Pisang juga mengandung vitamin dan mineral yang berlimpah, pisang ukuran besar menyediakan 123 U.I. vitamin A. Kandungan multi vitamin B-nya sangat lengkap, dengan .07 mg thiamin, .15 riboflafin, .82 mg niacin, .88mg vitamin B6, dan 29 mcg asam folat. Bahkan di dalamnya terkandung13.8 mg vitamin C. Dalam skala mineral terdapat 9.2 mg magnesium 44.1 mg, ditemukan juga sejumlah zat besi dan seng.

Terkumpulnya semua jenis nutrisi di atas menunjukkan dengan jelas bahwa pisang merupakan salah satu buah yang paling menyehatkan. Pisang raja, ketika dimasak, mengandung tingkat nutrisi yang sedikit lebih tinggi pada skala vitamin dan mineralnya tapi sama kandungan protein dan seratnya dibanding pisang biasa.

B. Kandungan Buah Pisang

Pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

Tabel 1. Kandungan nutrisi berbagai buah pisang

C. Manfaat Buah Pisang

  1. Kesehatan kardiovaskular dan Jantung. Satu buah pisang mengandung sekitar 467mg kalium, yaitu mineral yang merupakan elektrolit yang bermanfaat kuat melindungi sistem kardiovaskular. Dengan demikian, mengkonsumsi buah pisang secara teratur buah yang mengandung banyak kalium termasuk pisang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, aterosklerosis(pengerasan pembuluh darah), hingga stroke dan jantung.
  2. Menyehatkan Tulang. Meskipun pisang tidak mengandung jumlah kalsium dalam jumlah tinggi, namun memberikan tubuh sebuah zat yang mendorong probiotik yaitu bernama fructooligosaccharide (probiotik adalah bakteri ramah dalam sistem pencernaan). Nah, Fructooligosaccharide yang berfermentasi dalam saluran pencernaan inilah yang bermanfaat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.
  3. Meningkatkan Energi dan menyeimbangkan mood. Manfaat lain kandungan tinggi kalium dalam pisang adalah dari perannya sebagai elektrolit yang bermanfaat menyediakan energi. Pisang juga mengandung triptofan, serotonin dan norepinefrin, yang membantu mencegah depresi serta mendorong perasaan rileks atau santai. Selain itu pisang juga menyediakan vitamin B6, yang bermanfaat membantu mencegah sulit tidur, perubahan mood, dan mudah tersinggung.
  4. Kesehatan mata. Pisang yang digabungkan dengan dengan ramuan tertentu di Nigeria-Afrika digunakan untuk mengobati katarak; juga memiliki kemampuan untuk mencegah degenerasi makula, yaitu penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Opthmalogy pada tahun 2004, orang yang makan 3 porsi pisang per hari kurang mengembangkan menurunnya penglihatan.
  5. Baik untuk sistem Pencernaan. Pisang bermanfaat menekan asam dalam saluran pencernaan, sehingga mengurangi mulas, dan membantu mencegah ulcer(maag). Karena pisang juga mengandung pektin, serat larut, maka ia membantu proses BAB dan membantu mencegah sembelit.
  6. Makanan yang baik untuk Bayi. Pisang sangat mudah dicerna ditambah dengan manfaat gizinya yang tinggi, sehingga menjadikannya sebagai makanan yang sempurna bagi bayi yang baru dikenalkan dengan makanan padat. Jadi jangan ragu memberikan pisang untuk bayi Anda!
  7. Mencegah HIV. Sebuah jurnal Biological Chemistry pada Maret 2010 menerbitkan sebuah studi yang mengungkapkan potensi penyembuhan dari Ban-Lec( protein lektin dalam pisang). Para peneliti menemukan bahwa protein ini mengikat gula, juga dapat mengikat sel yang terinfeksi oleh HIV, membungkusnya, mencegah replikasi dan penyebarannya.
  8. Kulit pisang juga bermanfaat. Kulit pisang pun bahkan masih berguna, jadi jangan dibuang. Jika diterapkan pada kulit yang berjerawat, kuliy pisang bisa mengeringkan noda kulit tersebut secara alami. Hal ini juga bagus sebagai bahan membuat pupuk organik. 

Bab III
Analisis Usaha

A. Nama Unit Usaha

Usaha ini kami beri brand sesuai dengan produk yang dihasilkan yaitu “Pisang Goreng Abuya”. Kami memilih brand “Pisang Goreng Abuya”, karena produk yang dihasilkan adalah pisang goreng pasir tiga rasa yaitu rasa biasa, rasa coklat, rasa keju, dan rasa bluberry. Kata “Abuya” berasal dari bahasa Arab yang artinya ayah, menggambarkan sosok pencari nafkah yang berkah untuk keluarga tercinta, sehingga muncullah brand “Pisang Goreng Abuya”.

B. Lokasi Unit Usaha

Lokasi usaha yang rencana akan kami rintis yaitu di Sungguminasa Kabupaten Gowa karena pada lokasi ini belum ada usaha pisang goreng pasir aneka rasa sebelumnya.

C. Lokasi Pemasaran

Lokasi usaha yang rencana akan kami rintis yaitu di Sungguminasa Gowa, lebih tepatnya di Jl. Andi Mallombasang. Kami memilih lokasi ini karena lokasi ini ramai lancar setiap harinya, sehingga peluang penjualan maksimum memungkinkan terjadi.

D. Jumlah Pengelola

Susunan pengelola dari usaha “Pisang Goreng Abuya” yang kami rencanakan terdiri dari dua orang, yakni :
  • Pemilik usaha dan bagian bahan baku : Baso Dg. Ngemba
  • Produksi dan pemasaran : Becce Dg. Ga’ga
E. Analisis SWOT

1. Strenght / Kekuatan
Kekuatan dari produk makanan ringan ini yaitu :
  • Menjual produk makanan untuk semua kalangan masyarakat
  • Satu produk terdiri atas beragam macam bentuk dan rasa.
  • Bahan produk yang higienis dan sangat terjamin
  • Harga produk cukup terjangkau

2. Weakness / Kelemahan
Kelemahan dari produk makanan ini yaitu :
  • Bersifat tidak tahan lama
  • Produk makanan yang mudah untuk ditiru jenis dan bentuk
3. Opportunity / Peluang
  • Tempat yang penuh strategis dan dapat dijangkau setiap masyarakat
  • Fasilitas yang cukup memadai dan mampu diperoleh secara cepat
4. Threat/Peluang produk yang dibuat
  • Karena pisang adalah buah yang sudah dikenal oleh semua orang, maka pasti banyak orang yang menyukainya.
  • Warganya yang murah maka dari kalangan apapun dapat membelinya.
  • Walaupun harganya murah tetapi rasanya tidak kalah nikmat dengan kue-kue yang mahal maka dari itu usaha ini tidak pernah sepi pembeli.
F. Cara Membuat

Cara membuat “Pisang Goreng Abuya”
  1. Kupas pisang kepok ukuran kecil kecil (berat 75-100 gr perbuah) sishkan. Gulingkan diatas tepung tabur.
  2. Masukkan dalam tepung celup sampai terendam. Angkat dengan menggunakan sendok atau penjepit.
  3. Gulingkan di aas tepung roti sampai seluruh permukaan tertutup rata oleh roti.
  4. Angkat, lalu goreng dalam minyak dengan api sedang selama 7-10 menit sampai mengapung dan matang. Hidangkan atau langsung bungkus.
  5. Jika ingin diawetkan, goreng setengah matang selama 2-3 menit. Angkat dan dinginkan. Kemas dalam wadah plastik atau kantong plastik tertutup rapat, lalu simpan di freezer. Jika ingin menyajikan ulang tinggal goreng dalam kondisi beku dalam minyak panas selama 5-7 menit dan sajikan langsung. 

Varian rasa “Pisang Goreng Abuya” yang dihasilkan ada 4 rasa, yaitu :


Bab IV
Analisis Kelayakan Usaha


A. Perhitungan Harga Pisang Goreng Abuya
Perhitungan harga pisang pasir dan analisa usaha (berdasar resep) 
1). Harga pokok tepung celup & tepung tabur



2). Analisa perkiraan hasil usaha penjualan pisang pasir perhari
a). Pehitungan harga pokok pisang pasir

b). Perhitungan harga pokok pisang pasir per potong
  • Pisang pasir biasa 1342,20
  • Pisang pasir rasa keju (harga keju perpotong Rp 500) 1842,20
  • Pisang pasir rasa cokelat meises + cokelat meises Rp 500 1842,20
  • Pisang pasir rasa bluberry + pasta bluberry Rp 500 1842,20
c). Perkiraan harga jual pisang pasir perpotong
  • Pisang pasir biasa 2000
  • Pisang pasir keju 3000
  • Pisang pasir cokelat 3000
  • Pisang pasir blueberry 3000
d). Asumsi penjualan perhari
  • Pisang pasir biasa 60 potong 120.000
  • Pisang pasir keju 40 potong 120.000
  • Pisang pasir cokelat 40 potong 120.000
  • Pisang pasir blueberry 60 potong 180.000
  • Total penjualan perhari (omzet) 540.000
  • Total penjualan perbulan 16.200.000
e). Biaya tetap per tahun
  • Gerobak 3.000.000
  • Kompor gas 250.000
  • Wajan segiempat 85.000
  • Sudet stainless 15.000
  • Tapisan stainless 25.000
  • Total biaya tetap = 3.375.000

f). Biaya variabel per hari = biaya operasional
  • Pisang goreng pasir biasa 60 x 1.342 = 80.520
  • Pisang goreng pasir keju 40 x 1.842 = 73.680
  • Pisang goreng pasir coklat 40 x 1.842 = 73.680
  • Pisang goreng pasir blueberry 60 x 1.842 = 110.520

Biaya non bahan
  • Gas elpiji 1 buah = 15.000
  • Kemasan = 20.000
  • Tenaga kerja 1 orang = 30.000
  • Biaya sewa tempat perhari + keamanan = 10.000
  • Listrik dan transportasi = 5.000
Total biaya variabel per hari = 408.400 . 
Biaya variabel per bulan 408.400 x 30 = 12.252.000
Biaya variabel per unit 408.400 : 200 = 2.042

g). Laba per bulan
  • Jumlah omzet/bulan– biaya operasional 16.200.000 – 12.252.000 = 3.948.000
  • Harga jual per tahun 3.948.000 x 12 = 47.376.000
B. BEP

Dengan menggunakan analisa BEP ini, usaha akan layak bila BEP lebih kecil dari estimasi peluang pasar yang tersedia. Semakin besar kapasitas pasar yang tersedia akan semakin menguntungkan. Berikut ini adalah rumus BEP :



Keterangan :

BT = biaya tetap
BV = biaya variable
HJ = harga jual

Analisis BEP produk “Pisang Goreng Abuya” adalah sebagai berikut :



Oleh karena kapasitas pasar mencapai sekitar 288.000 unit/tahun, sedangkan nilai BEP unit pertahun = 56.250 untuk mencapai laba 30 %. Ini berarti nilai BEP < kapasitas pasar, maka usaha ini layak untuk dijalankan.

* Kapasitas pasar hasil survey = konsumsi pisang goreng 800 unit x 30 x 12 = 288.000 unit

D. PBP

Untuk melihat berapa lama periode untuk pengembalian modal, dapat diketahui dari perhitungan PBP (Pay Back Periode) sebagai berikut:
  • Pengeluaran Investasi (Capital Outlays) terdiri dari:
  • Biaya Tetap = Rp. 3.375.000,-
  • Biaya variabel = Rp. 12.252.000,- (1 bulan 1 kali periode)
  • Pinjaman Bank = Rp. 15.000.000,-
  • Total capital outlays (investasi) kami adalah uang pinjaman bank = Rp. 15.000.000,-
  • Aliran kas masuk netto (proceeds) perbulan = Hasil Penjualan – biaya variabel 
  • Aliran kas masuk netto ( proceeds) = Rp. 16.200.000,- - Rp. 12.252.000
  • Aliran kas masuk netto ( proceeds = Rp. 3.948.000,-


Dari hasil PBP usaha pisang goreng abuya ini akan kembali modal setelah usaha ini berjalan 4 bulan. Karena PBP kurang dari masa pinjaman (2 tahun) maka, usaha ini layak.

Bab V
Penutup

A. Kesimpulan

Demikian proposal ini kami ajukan, semoga dapat memberikan gambaran yang jelas tentang usaha inovasi pisang goreng pasir aneka rasa. Berdasarkan hasil analisis kelayakan BEP dan PBP maka unit usaha ini dapat dikatakan layak.

B. Saran

Sebaiknya bagi para calon pengusaha, agar melakukan analisis peluang dan untung-rugi bagi calon usahanya, sehingga bisa diperkirakan apakah usaha yang akan dijalankan tersebut layak atau tidak untuk dijalankan kedepannya dan tidak menimbulkan kerugian.

Daftar Pustaka

Yuyun. 2011. Aneka Resep dan Kiat Usaha Pisang Crispy dan Kentang Bumbu. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

WEB :
http://resepcaramemasak.org/kandungan-nutrisi-pisang
http://nangimam.blogspot.co.id/2013/12/kandungan-gizi-dan-manfaat-buah-pisang.html
http://arioneuodia.blogspot.co.id/2011/03/pendahuluan-pisang-adalah-tanaman-buah.html
http://maya.ilearning.me/entrepreneurship/proposal-usaha/
Loading...

2 Responses to "Belajar Wirausaha Pisang Goreng"