Mekanisme Evolusi Makhluk Hidup

Mekanisme Evolusi Makhluk Hidup


Pendidikan Biologi. Evolusi dapat berlangsung karena adanya mutasi dan seleksi alam.

Mutasi Gen adalah terjadinya perubahan struktur kimia DNA sehingga menyebabkan terjadinya perubahan sifat. Perubahan tersebut diwariskan kepada keturunannya. Mutasi itu merugikan makhluk hidup, tetapi ada juga yang menguntungkan. Artinya, mutan yang terbentuk tetap lestari, karena adaptif terhadap lingkungannya.

Contoh mutasi yang menguntungkan:

Ø dihasilkannya species yang adaptif
Ø dihasilkannya species yang vitalitas dan viabilitasnya (kelangsungan hidupnya) tinggi,

Contoh mutasi yang merugikan antara lain adalah mutasi yang menghasilkan:

Ø gen letal
Ø keturunan yang vitalitas dan viabilitasnya rendah
Ø keturunan yang tidak adaptif.


Peta Konsep Mekanisme Evolusi Makhluk Hidup


Spesiasi
(Proses Pembentukan Spesies Baru)

Karakteristik Mekanisme Evolusi Makhluk Hidup


SPESIASI
Species baru bisa terjadi dari species yang sudah ada karena interaksi antara faktor luar dan faktor dalam, yang dapat dirumuskan dengan F = G + L (F = fenotip; G = genotip; L = lingkungan). Populasi-populasi yang masih mungkin mengadakan pertukaran gen dikatakan termasuk satu species. Variasi/perbedaan morfologi, fisiologi, maupun kelakuan tidak memisahkan dua populasi menjadi dua species selama masih dimungkinkan adanya pertukaran gen.

Isolasi Reproduksi :


Isolasi Ekogeografi
Dua populasi terpisah oleh hambatan fisik, dapat menjadi berbeda begitu khusus sesuai dengan lingkungannya. Apabila pada suatu saat kedua populasi tersebut dikumpulkan menjadi satu, keduanya tidak akan mampu saling mengadakan perkawinan karena keduanya tidak dapat lagi menyesuaikan diri pada kondisi baru.

Contoh : Platanus occidentalis dan Platanus orientalis, antara keduanya secara alamiah tidak pernah terjadi penyerbukan.

Tanama Mekanisme Evolusi Makhluk Hidup

Isolasi Habitat

Antara dua populasi simpatrik yang menghuni daerah yang berbeda lebih sering terjadi perkawinan daripada antara sesama populasi setempat namun berbeda sifat-sifat genetiknya. Sebagai Contoh : (1) Bufo fowleri dan Bufo americanus kalau tempat tinggalnya bercampur ternyata bahwa Bufo fowleri akan lebih banyak mengadakan perkawinan dengan sesamanya dibanding dengan Bufo americanus. (2) Bufo fowleri akan memilih tempat tinggalnya untuk kawin di air yang tenang, sedangkan Bufo americanus di kubangan-kubangan air hujan.

Habitat Katak dan Kodok Mekanisme Evolusi Makhluk Hidup


Isolasi Iklim/Musim

Antara Pinus radiata dan Pinus muricata dapat disilangkan tetapi perkawinan silang ini tidak pernah terjadi di alam. Penyebab: masa berbunga Pinus radiata terjadi pada awal Februari, sedang Pinus muricata pada bulan April. 


Isolasi Perilaku

R.K. Crane dari Babe Tropical Research Station mengamati kelakuan kepiting jantan pada masa perkawinan. Kepiting jantan memperlihatkan gerakan-gerakan tertentu dengan tujuan agar kepiting betina tidak keliru melihat kepiting jantan lainnya.




Isolasi Mekanik
Isolasi mekanik menyangkut struktur yang berkaitan dengan peristiwa perkawinan itu sendiri, misalnya:
  • Hewan jantan dari suatu species jauh lebih besar ukurannya daripada jenis betina.
  • Alat kelamin yang jantan mempunyai bentuk sedemikian rupa sehingga tidak dapat cocok dengan alat kelamin yang betina.
Isolasi Gamet

Pada suatu eksperimen yang menggunakan Drosophila virilis dan Drosophila americana, dengan inseminasi buatan maka sperma dari jenis jantan tidak dapat mencapai sel telur karena tidak dapat bergerak sebagai akibat adanya cairan penghambat dalam saluran reproduksi. 


Isolasi Perkembangan

  • Pada Rana pipiens terjadi peristiwa fertilisasi yang berhasil tetapi embrionya tidak dapat tumbuh dan segera mati.
  • Pada dunia ikan, seringkali telur dari suatu species dibuahi oleh sperma dari species lain, tetapi embrio tidak tumbuh dan segera mati.



Ketidakmampuan Hidup Suatu Hibrida
Perkawinan dapat berlangsung, pembentukan gamet dapat terjadi, embrio dapat tumbuh dan berkembang, tetapi perkembangan dari hibrida adalah lemah, cacat dan kebanyakan mati sebelum dapat mengadakan reproduksi.
Contoh : tanaman tembakau yang mati sebelum berbunga karena adanya tumor pada bagian vegetatifnya.


Kemandulan Hibrida
Hibrid yang terbentuk dapat hidup dengan normal tetapi steril.

Contoh: Perkawinan kuda dengan keledai.
Keturunan : Bagal (mandul)






Eliminasi Hibrida karena Seleksi

Bila hibrid dan keturunannya kurang dapat mengadakan adaptasi, maka dalam waktu yang tidak lama akan musnah (mengalami eliminasi). 

0 Response to "Mekanisme Evolusi Makhluk Hidup"

Poskan Komentar