Pengantar Kajian Teori Evolusi

Loading...

Pengantar Kajian Teori Evolusi 

Pendidikan Biologi. Evolusi : Ilmu yang mempelajari sejarah asal usul makhluk hidup dan keterkaitan genetik antara makhluk hidup satu dengan yang lain. Genetika : Ilmu yang mempelajari penurunan sifat dari induk (parental) ke anaknya (filial) Taksonomi: Ilmu yang mempelajari hubungan kekerabatan antara mahluk hidup dan pengelompokan klasifikasi.

Klasifikasi 5 kingdom:
Plantae
Animalia
Fungi
Monera
Protista

Klasifikasi 3 domain (berdasarkan 16s RNA) :
Eucarya
Eubacteria
Archaea



Perkembangan Teori Evolusi (Pra-Darwin) :

Evolusi adalah perubahan-perubahan yang dialami oleh makhluk hidup secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama sehingga terbentuk species baru.

Teori Kreasionisme (Aristoteles 384-322 SM) : Penciptaan terjadi dalam sekali waktu kehidupan sekaligus lengkap, kemudian selesai dan tak ada lagi evolusi atau perubahan.


Teori Penciptaan Khusus

Semua jenis makhluk hidup di bumi muncul bersama-sama pada suatu waktu dan tetap tidak berubah sejak mereka diciptakan oleh Tuhan. Kekompleksan makhluk hidup merupakan bukti kerja Sang Maha Pencipta.


Teori Kastastropisme (George Cuvier) : Keanekaragaman makhluk hidup dihasilkan oleh nenek moyang yang umum, dan muncul atau punahnya makhluk hidup disebabkan oleh bencana alam.

Teori Kastastropisme (George Cuvier) : Keanekaragaman makhluk hidup dihasilkan oleh nenek moyang yang umum, dan muncul atau punahnya makhluk hidup disebabkan oleh bencana alam.

Teori Lamarck

Sifat fenotip perolehan lingkungan dapat diwariskan secara genetik. Bagian tubuh yang tidak digunakan akan mengalami retardasi (tidak berkembang), bagian tubuh yang dipergunakan akan berkembang lebih kuat dan lebih besar. Evolusi disebabkan oleh pewarisan sifat genetis yang diperoleh dari lingkungannya.

Teori evolusi jerapah menurut Lamarck

Nenek moyang jerapah berleher pendek. Karena terus menerus leher dijulurkan ke atas untuk menggapai makanan, leher jerapah menjadi panjang.




Teori Evolusi Jerapah menurut Darwin


Nenek moyang jerapah bervariasi, ada yang berleher pendek dan ada yang berleher panjang. Dalam kompetisi mencari makanan, dimenangkan oleh jerapah berleher panjang. Jerapah leher pendek mati dan punah. Hanya jerapah leher panjang yang menghasilkan keturunan baru.


Teori Evolusi Darwin (Seleksi Alam)

Pencetus teori evolusi ialah Charles Darwin, dengan buku “On The Origin of Species by Means of Natural Selection”, mengandung dua pemahaman:
  • Species sekarang berasal dari species dahulu.
  • Terbentuknya species karena seleksi alam.



Ajaran Darwin tentang evolusi didasarkan atas pokok-pokok pikiran:
Tidak ada dua individu yang sama. Setiap populasi berkecenderungan bertambah banyak karena setiap organisme mempunyai kemampuan untuk berkembangbiak. Untuk berkembangbiak perlu adanya makanan dan ruangan yang cukup. Kenyataan menunjukkan bahwa bertambahnya populasi tidak berlangsung terus menerus.

YANG DIANGGAP MENGILHAMI TEORI EVOLUSI DARWIN
Perjalanan ke Kepulauan Galapagos oleh Carles Darwin berhasil menemukan 14 species burung Finch yang berbeda dalam ukuran dan bentuk paruhnya. Diduga species burung tersebut berasal dari satu keturunan, yaitu burung finch yang hidup di Amerika Selatan. Burung tersebut mengadakan migrasi ke kepulauan Galapagos dan menemukan lingkungan baru yang berbeda dengan lingkungan hidup nenek moyangnya. Jalur pelayaran Darwin dengan kapal Beagle.



Radiasi Adaptif Burung Finch



Contoh Hewan-hewan yang mendiami Pulau Galapagos adalah contoh yang baik merupakan representasi dari proses Revolusi yang digunakan untuk beradaptasi dengan kejamnya kehidupan di daerah setempat atau habitat barunya.


SIR CHARLES LYELL
Dalam bukunya “Principles of Geology” menyatakan bahwa batuan, pulau-pulau/ benua selalu mengalami perubahan.


Diilhami hal itu, Darwin memberikan kesimpulan berupa :
Terdapat perbedaan deretan fosil antara batuan muda dengan batuan yang tua
Perbedaan fosil tersebut disebabkan oleh perubahan yang perlahan-lahan.

THOMAS ROBERT MALTHUS : Menyatakan bahwa jumlah penduduk naik seperti deret ukur sedang bahan makanan yang tersedia naik seperti deret hitung.
Loading...

1 Response to "Pengantar Kajian Teori Evolusi"